fbpx
Artikel SEO Friendly; Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Artikel SEO Friendly; Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Artikel SEO Friendly; Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Di dalam dunia pemasaran, kita mengenal istilah artikel SEO friendly. Artikel ini digunakan untuk menjaring trafik website dari mesin pencari semacam Google, Bing, Yahoo!, dan lain-lain.

Namun, apakah kamu sudah tahu pengertian dan manfaatnya? Atau, kamu juga belum tahu bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly?

Dewan Konten

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO dapat kita artikel sebagai artikel yang ditulis dengan keyword tertentu untuk menjawab pertanyaan orang ketika mencari sebuah informasi di mesin pencari.

Dalam penulisannya, ada kaidah-kaidah khusus yang perlu diperhatikan supaya dapat muncul di halaman satu Google. Kaidah ini mencakup:

  • Pemilihan kata kunci yang tertarget.
  • Penempatan kata kunci yang tepat.
  • Penggunaan struktur artikel yang rapi dan jelas.
  • Penggunaan paragraf yang mudah dibaca.
  • Hingga penggunaan gambar visual.

Meski menggunakan kaidah penulisan SEO, dalam penerapannya kamu tidak boleh mengabaikan kaidah penulisan yang benar. Sebab, kamu juga perlu memperhatikan kenyamanan membaca.

Manfaat Artikel SEO Pada Website

Membuat artikel SEO friendly adalah salah satu kunci terpenting untuk kesuksesan website. Terlebih jika Anda mengandalkan web untuk mencari trafik dan pembeli.

Di algoritma Google yang sekarang, untuk bisa sukses di mesin pencari wajib hukumnya memiliki konten website. Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat artikel SEO:

1. Menaikkan Jumlah Pengunjung

Yup, manfaat pertama adanya artikel SEO friendly adalah untuk meningkatkan pengunjung web. Artikel adalah perangkap terbaik untuk mendulang trafik di mesin pencari.

Di algoritma sekarang, cukup mustahil bisa mendapatkan trafik pengunjung web tanpa adanya artikel.

Mayoritas pengunjung web tentu saja berasal dari mesin pencari. Untuk itu, kamu perlu memaksimalkan fungsi artikel guna menjaring trafik gratis tersebut.

2. Tingkatkan Kesadaran Merek

Jika kamu memiliki sebuah merek, membuat website adalah hal yang wajib. Namun tidak cukup di situ, website juga perlu mendapatkan trafik tinggi guna meningkatkan kesadaran merek.

Ini berkaitan dengan poin pertama, semakin tinggi trafik web yang kamu dapatkan, semakin tinggi pula tingkat kesadaran orang terhadap merek yang kamu punya.

Sudah pasti, konten artikel web adalah kunci utama untuk persoalan ini. Semakin banyak artikel di web kamu, semakin banyak pembaca yang datang. Dan, semakin banyak membaca, semakin tinggi kesadaran merek bagi bisnis kamu.

2. Tingkatkan Angka Penjualan

Tentu, tujuan kamu membuat web dan branding bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan, bukan?

Artikel SEO friendly dapat membantu penjualan produk atau jasa. Meski, kamu perlu menyiapkan kata kunci yang tertarget dan artikel yang persuasif.

Berikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, lalu ajak mereka mengenal produk kamu lebih dalam. Jika sudah, maka penjualan akan meningkat dengan sendirinya.

4. Tingkatkan Kredibilitas Bisnis

Internet telah menjadi jalan tol untuk memasarkan produk atau jasa secara luas. Jalan ini telah terbuka luas untuk siapa pun yang ingin melebarkan sayap bisnisnya.

Namun demikian, kamu tidak cukup hanya sekedar membangun sebuah web. Butuh artikel SEO yang berkualitas guna meningkatkan kredibilitas bisnis.

Dengan adanya konten yang menarik, maka tingkat kredibilitas bisnis kamu akan semakin meningkat. Konten-konten berkualitas akan menjadi tanda jika kamu serius di dalam berbisnis.

Cara Membuat Artikel SEO

Setelah mengetahui terkait apa manfaat artikel SEO friendly, kamu juga mungkin ingin tahu bagaimana cara menulisnya. Menulis artikel SEO perlu keterampilan khusus, dan perlu untuk kamu pelajari.

Namun, jika kamu sibuk dan tidak sempat memikirkan konten web, yuk bekerja sama dengan tim Dewan Konten. Kami adalah jasa penulis artikel yang memiliki tim terbaik dan telah melalui standarisasi serta pelatihan.

Hubungi kontak layanan kami segera, di >> jasa penulis artikel

Dewan Konten - Jasa Penulis Artikel

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah cara membuat artikel SEO friendly yang bisa kamu lakukan:

1. Riset Keyword

Langkah pertama yang sangat penting adalah melakukan riset kata kunci. Ini adalah bagian krusial yang tidak boleh terlewat.

Menulis konten SEO tanpa riset kata kunci adalah sebuah kesia-siaan. Sebab, saat seseorang mencari informasi tertentu di Google, pasti mereka menulis sebuah kata kunci tertentu pula.

Sekarang sudah banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset kata kunci, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Google Keyword Planner.
  • Google Search.
  • Google Search Console.
  • Google Trends.
  • SEMrush Keyword Magic Tool.
  • Ahrefs Keyword Generator.

2. Pilih Keyword yang Tepat

Dalam memaksimalkan artikel SEO, kamu perlu tahu strategi yang tepat. Kita tidak bisa selalu membuat artikel tentang produk dan penjualan (hard selling).

Justru, strategi yang tepat adalah dengan terlebih dahulu mencari trafik pengunjung menggunakan artikel SEO yang informatif.

Sebagai contoh, kamu menjual produk PONDS untuk menghilangkan jerawat. Maka artikel tidak hanya tentang produk PONDS tersebut.

Kamu perlu memilih kata kunci yang informatif seperti “cara menghilangkan jerawat”, “obat untuk jerawat”, “makanan yang dapat menimbulkan jerawat”, dll.

Di sela-sela artikel barulah kamu dapat memberikan penawaran soft selling produk. Cara ini dilakukan supaya artikel kamu banyak yang membaca.

3. Buat Struktur Artikel yang Jelas

Jangan menulis sesuai keinginan saja, tapi buatlah struktur yang jelas dan rapi. Struktur ini meliputi:

  • Kalimat pembuka
  • Konten isi
  • Penggunaan heading yang tepat
  • Penutup

Perhatikan, menulis artikel untuk web sangat berbeda dengan menulis skripsi atau tesis. Kamu perlu memperhatikan kenyamanan pembaca supaya mereka tidak lari dari konten yang kamu buat.

4. Kalimat Pembuka

Nomor 4-6 sangat berkaitan dengan poin nomor 3 di atas yaitu tentang struktur artikel. Buatlah kalimat pembuka yang singkat dan tidak bertele-tele.

Siapa sih yang mau membaca kalimat pembuka jika lebih dari 5 paragraf? Rasanya tidak ada yang notice.

Buatlah pembukaan terdiri dari dua paragraf saja, jangan lebih. Jelaskan secara umum apa yang akan dibahas pada artikel kamu.

5. Penggunaan Paragraf

Cara menulis artikel SEO friendly juga penting untuk memperhatikan penggunaan paragrafnya. Jangan membuat paragraf yang terlalu panjang, pasti tidak akan dibaca seluruhnya oleh pengunjung.

Jika kamu menulis di MS Word, gunakna template penulis seperti ini:

  • Huruf : Times New Roman
  • Ukuran : 12
  • Jumlah baris : 3

Contoh artikel SEO adalah sebagai berikut:

Contoh Artikel SEO (1)

6. Gunakan Heading 1, 2 dan 3

Struktur heading pada artikel sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, Google juga membaca penggunaan struktur heading ini.

Gunakan heading 1, 2 dan 3 pada setiap penulisan artikel, dengan rincian sebagai berikut:

  • Heading 1 : judul utama
  • Heading 2 : sub judul
  • Heading 3 : pointer

Contoh artikel yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

Penggunaan heading artikel SEO (1)

Penggunaan heading artikel SEO (2)

7. Gunakan Heading Penutup

Pada penutup, kamu bisa membuat kesimpulan dan juga mengajak pembaca untuk membaca artikel lainnya. Atau bisa juga melakukan Call to Action jika kamu menjual produk atau jasa.

Heading penutup juga penting untuk memberikan kesan kepada pembaca. Berikan sentuhan akhir yang manis agar pembaca ingat

Penutup

Tidak punya waktu untuk belajar menulis artikel SEO friendly? Sudah, cari cara gampang saja! Pesan artikel di Dewan Konten!

Tim terbaik kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konten web kamu. Segera hubungi kontak layanan Dewan Konten sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *