fbpx
Contoh Artikel SEO dan Cara Menulisnya, Artikel Siap Masuk Halaman 1 Google

Contoh Artikel SEO dan Cara Menulisnya, Artikel Siap Masuk Halaman 1 Google

Ini Cara Meningkatkan Traffic Website, Siap Banjir Pengunjung!

Punya website yang kaya akan traffic tentu tidak lepas dari konten artikel yang ramah terhadap mesin pencari. Jenis konten ini biasa disebut dengan artikel SEO-friendly. Lalu, apa pengertiannya dan juga bagaimana contoh artikel SEO?

Daripada pusing mikirin konten untuk website, mendingan kamu pesan saja artikel berkualitas di Dewan Konten. Praktis, cepat dan artikel kamu ditangani oleh ahlinya. Segera hubungi kontak layanan kami ya!

Dewan Konten - Jasa Penulis Artikel

Apa Itu Artikel SEO

Sebelum kami memberitahu bagaimana contoh artikel SEO, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa pengertiannya. Ini penting, supaya kamu tahu alasan mengapa artikel SEO sangat dibutuhkan oleh web.

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia adalah pengoptimalan mesin pencari.

Maka, artikel SEO dapat diartikan sebagai konten yang didesain secara khusus supaya dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari.

Ada teknik tersendiri di dalam menulis artikel jenis SEO. Anda perlu memperhatikan penargetan kata kunci, pengulangan dan kepadatan kata kunci, hingga struktur penyusunan heading.

Sebuah web yang ingin mendapatkan trafik dari Google, perlu untuk memperhatikan kaidah penulisan SEO ini. Tanpa kaidah SEO, web kamu benar-benar akan kesulitan mendapatkan trafik.

Contoh Artikel SEO

Di bawah ini kami akan memberikan sedikit cuplikan bagaimana contoh artikel SEO. Kami juga akan sedikit membahas cara yang benar di dalam artikel tersebut.

Contoh artikel SEO adalah sebagai berikut:

Contoh Artikel SEO (1)

Contoh Artikel SEO (2)

Cara Menulis Artikel SEO

Dalam cara membuat artikel SEO, ada komponen-komponen yang harus diperhatikan. Kebanyakan orang menyamakan antara penulisan skripsi dan penulisan artikel di website.

Padahal, dua hal tersebut sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut terlihat dari suguhan informasi dan juga struktur penulisannya. Cara menulis artikel SEO adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Kata Kunci yang Tertarget

Ya, kata kunci adalah bagian paling utama yang harus diperhatikan ketika kamu ingin memulai menulis artikel. Jangan menulis artikel dengan kata kunci sesuka hati, sebab akan sulit untuk ditemukan oleh pembaca.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, gunakan tools berikut ini:

  1. Google Keyword Planner.
  2. Google Search Console.
  3. SEMrush Keyword Magic Tool.
  4. Google Trends.
  5. Google Search.
  6. Ahrefs Keyword Generator.

2. Buat Struktur Artikel yang Menarik

Jangan menulis artikel website seperti kamu menulis novel, panjang tanpa struktur heading. Struktur penulisan SEO dimulai dari judul, meta deskripsi, kalimat pembuka, konten isi, dan penutup.

Coba perhatikan contoh artikel SEO berikut ini yang ditulis oleh tim Dewan Konten:

Penggunaan heading artikel SEO (2)

Struktur tersebut dibuat sedemikian rupa dan juga rapi. Dengan Struktur yang jelas, maka pembaca tidak akan merasa pusing dan mereka bisa menikmati konten dengan biak.

4. Gunakan Heading 1, 2 Dan 3

Fungsi heading adalah untuk membagi-bagi pembahasan supaya enak saat dibaca.

Heading terdiri dari:

  • Heading 1 adalah judul
  • Heading 2 adalah sub judul
  • Heading 3 adalah pointer

Coba lihat struktur artikel yang sedang kamu baca ini, dimulai dari judul (H1) kemudian masuk sub judul (H2), lalu ada pointer (H3). Bukankah kamu nyaman saat membaca artikel ini?

3. Perhatikan Bagian Pembuka Artikel

Di dalam contoh artikel SEO di atas juga dapat dilihat bagaimana kita membuat kalimat pembuka. Ada dua paragraf yang mengawali artikel sebelum masuk ke heading 2.

Pada bagian pembuka ini, coba jelaskan pembahasan artikel secara umum. Buatlah sesingkat mungkin jangan bertele-tele.

Kami sarankan hanya gunakan dua paragraf pembuka saja. Jika memang harus lebih tidak masalah, namun harus tetap memperhatikan urgensinya ya!

4. Susun Konten Isi yang Menarik

Setelah kalimat pembuka, kamu perlu merencanakan bagaimana isi konten di dalam artikel. Apa saja yang ingin disampaikan dan mana informasi yang harus ada pada awal isi konten.

Kamu dapat menggunakan teori piramida terbalik untuk menyusun konten artikel SEO. Maksudnya adalah, di awal bahas konten secara umum. Semakin ke bawah, maka pembahasan semakin mengerucut dan terfokus.

5. Gunakan Paragraf yang Singkat

Penting untuk memperhatikan penggunaan paragraf. Buatlah paragraf yang singkat dan tidak terlalu panjang.

Pada contoh artikel SEO di atas, kamu dapat melihat jika penggunaan paragrafnya pendek-pendek. Hampir tidak ada yang lebih dari tiga baris.

Fungsi paragraf pendek ini adalah supaya pembaca tidak merasa bosan. Jika terlalu panjang, sangat kecil kemungkinan akan dibaca seluruhnya oleh pengunjung.

6. Buat Artikel Dengan Fokus Pada Satu Topik

Kedengarannya membahas berbagai topik dalam satu artikel adalah hal yang hebat. Namun, hal ini justru tidak baik dalam penulisan artikel SEO.

Fokuslah pada satu pembahasan yang dicari oleh orang. Hal yang perlu dilakukan adalah memperkaya informasi pada artikel tersebut dengan satu topik tertentu.

Misalnya adalah contoh artikel SEO “wisata di Jakarta”, maka perkaya lah artikel dengan tambahan informasi yang relevan.

Kamu bisa menambahkan heading pembahasan terkait “tips wisata di Jakarta”, “tempat-tempat terbaik di Jakarta”, “rute wisata di Jakarta”, dll.

7. Sebar Kata Kunci Secara Merata

Cara menulis artikel SEO tidak serta merta mengharuskan kamu mengulang kata kunci sebanyak-banyaknya. Justru kata kunci yang terlalu banyak akan dianggap spam.

Pengulangan kata kunci yang ideal adalah 1% dari jumlah kata. Misalnya kamu menulis artikel dengan jumlah kata 1000, maka pengulangan kata kunci adalah 10 kali.

8. Jangan Lupa Tambahkan Konten Visual

Akan sangat hambar jika artikel hanya berisi teks tanpa ada visualnya. Setidaknya kamu perlu memasukkan satu konten visual.

Jika kamu punya kemampuan untuk membuat ilustrasi visual, hal itu akan sangat baik. Konten visual berfungsi untuk mempertahankan pembaca supaya tidak merasa bosan.

Penutup

Demikian adalah pembahasan tentang contoh artikel SEO dan bagaimana cara menulisnya. Selain hal-hal di atas, masih ada lagi kaidah SEO yang perlu diterapkan.

Daripada pusing-pusing mikirin konten website, mendingan kamu duduk santai dan biarkan tim Dewan Konten yang membuatkannya untuk kamu.

Dewan Konten adalah layanan jasa penulis artikel SEO profesional yang bisa mengerjakan artikel sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari artikel grade A, B dan C, semua bisa kamu pesan dengan mudah.

Segera hubungi kontak layanan Dewan Konten yang tersedia!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *