fbpx
Kriteria Artikel SEO yang Baik dan Berkualitas, Begini Cara Penulisannya!

Pemasaran Digital; Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strateginya

Populernya pemasaran digital disebabkan oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat, sehingga menuntut perkembangan cepat dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah sektor bisnis.

Sebelumnya dalam dunia bisnis, kegiatan pemasaran dilakukan dengan memasang iklan melalui media cetak seperti koran dan majalah, atau melalui media elektronik seperti radio dan televisi. Kini dengan media digital semuanya jadi lebih mudah.

Etss.. Sebelum kita membahas digital marketing lebih jauh, Dewan Konten punya layanan terbaik untuk kamu! Sekarang kamu dapat mengembangkan website dengan konten marketing.

Cari tahu lebih jauh yuk, klik layanan jasa penulis artikel Dewan Konten sekarang!

Pemasaran Digital; Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strateginya - Jasa Penulis Artikel SEO

Pengertian Pemasaran digital

Pengertian pemasaran digital adalah suatu bentuk strategi pemasaran dengan menjangkau pengguna internet menggunakan saluran digital seperti email, media sosial, website, dan sebagainya.

Konsep digital marketing sama dengan iklan lainnya, di mana dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk/jasa dari suatu perusahaan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Meningkatnya pengguna internet juga menyebabkan banyaknya orang yang mengakses berbagai platform media, yang berdampak pada besarnya peluang iklan yang disebarkan melalui pemasaran digital.

Kelebihan Pemasaran Digital

Pemasaran digital - Dewan Konten

Pemasaran digital kini menjadi pilihan utama bagi kamu yang terlibat dalam bisnis untuk beriklan. Hal ini disebabkan banyaknya kelebihan dari penggunaannya. Bagi kamu yang tertarik atau terlibat dalam bisnis, baca sampai akhir ya.

1. Penyebaran Iklan yang Cepat

Pemilihan pemasaran dengan memanfaatkan media digital dapat membuat penyebaran iklan berlangsung sangat cepat, meskipun dalam hitungan detik. Keuntungan lain adalah desimeter dapat diukur secara real time dan tepat.

2. Efektif dan Efisien

Kamu bahkan bisa menjangkau ke seluruh dunia (tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku) dengan pengeluaran dana yang lebih rendah melalui website.

3. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan

Seringkali dalam bisnis, mempertahankan pelanggan akan menjadi lebih sulit dan menghabiskan banyak biaya dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru.

Pelanggan setiamu akan memiliki kemungkinan yang lebih besar dalam membeli produk/jasa berulang kali dan bahkan merekomendasikan produk/jasamu ke orang lain. Inilah keuntungan terbesar dari mempertahankan pelanggan.

4. Jangkauan Target Tepat Sasaran

Pemasaran digital menyediakan lebih banyak segmen pasar sebagai pilihan target pemasaran. Banyaknya platform Pemasaran digital akan membuat kamu dapat dengan mudah memilih target pasar yang spesifik.

5. Kemudahan Evaluasi

Biaya yang dikeluarkan dengan memasang iklan online akan jauh lebih murah, dan kamu dapat secara langsung memantau perkembangan iklan serta mengetahui berapa banyak orang yang melihat kontenmu.

Informasi yang terpantau akan tergantung pada platform analisis apa yang kamu gunakan. Misalnya kamu dapat melihat jenis kelamin, usia, tempat tinggal, minat, bahasa, dan perangkat yang digunakan calon konsumen untuk melihat konten kamu.

6. Jangkauan Lebih Luas dan cepat

Pemasaran digital memungkinkan kamu untuk membuat berbagai perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan performa iklan. Beberapa metrik yang dapat digunakan untuk mengukur performa iklan, yakni:

Return on Investment (ROI)

– Cost per Click (CPC)

– Customer Lifetime Value (CLTV)

– Customer Acquisition Cost (CAC)

7. Proses Branding Produk/Jasa Lebih Mudah

Proses branding pada pemasaran iklan konvensional akan membatasi jangkauan promosi. Perusahaan perlu mengeluarkan dana lebih banyak jika ingin melakukan branding kepada konsumen dalam skala besar.

Hal tersebut berbeda dengan pemasaran digital dimana dengan sekali unggah, maka promosi iklan dapat mencapai luar kota, seluruh Indonesia, bahkan dapat menyebar ke luar negeri.

8. Tim Marketing Tidak Perlu ke Lapangan

Pemasaran digital membuat tim marketing tidak perlu untuk secara langsung terjun ke masyarakat. Mereka hanya perlu bekerja di kantor dengan menggunakan laptop atau smartphone untuk berinteraksi dengan konsumen.

9. Menganalisis Pasar dan Kompetitor dengan Mudah

Kamu dapat menganalisis kondisi pasar dan tren saat ini serta dapat melihat bagaimana strategi dari kompetitor diterapkan. Hal ini diperlukan agar kamu dapat menetapkan brand positioning di pasar.

Jenis Pemasaran Digital

Digital Marketing - Dewan Konten

Kita perlu memahami digital marketing lebih jauh lagi, khususnya terkait jenis-jenisnya. Ada tiga jenis pemasaran digital yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Owned Digital Marketing

Owned digital marketing merupakan jenis pemasaran digital dimana semua media yang dimiliki, dikendalikan, dan dikelola adalah milik dari pelaku bisnis itu sendiri. Contohnya seperti website, akun media sosial, blog, dan aplikasi.

2. Earned Digital Marketing

Earned digital marketing merupakan jenis pemasaran digital dimana konten-konten yang dihasilkan dengan tujuan promosi atau sekedar informasi dapat diperoleh tanpa persetujuan bisnismu dan biasanya tidak mengeluarkan biaya.

Contoh dari earned digital marketing seperti review dari pelanggan, penyebutan (mention) di media sosial, liputan media seputar bisnis kita, rekomendasi dari orang lain secara gratis, atau konten-konten yang dibagikan (social share).

3. Paid Digital Marketing

Paid digital marketing merupakan jenis digital marketing yang meliputi semua bentuk iklan digital di berbagai media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, Google Ads, dan sebagainya.

Strategi Pemasaran digital

Digital Marketing, Dewan Konten, Jasa Penulis Artikel

Setelah memahami berbagai kelebihan dan jenis pemasaran digital, sekarang kamu perlu mengetahui apa saja sih strategi dalam pemasaran digital. Simak terus ya.

1. Content Marketing

Content marketing berfokus pada merancang konten dengan prinsip “Penting, Relevan, dan Konsisten”. Hal ini bertujuan agar konten dapat menjawab kebutuhan target konsumen, konten relevan dengan bisnis, dan dibuat secara konsisten.

Content marketing juga berfungsi untuk membangun relasi dengan konsumen dalam jangka waktu lama. Beberapa jenis konten yang dapat kamu gunakan seperti: hiburan, informasi, edukasi, inspirasi, tips dan trik, atau tutorial.

Yuk kerja sama dengan Dewan Konten untuk menyiapkan konten marketing bisnismu! Hubungi kontak layanan kami segera ya…!

Rekomendasi Perusahaan Digital Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Online - Dewan Konten

2. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran digital melalui email. Cara kerja email marketing akan diawali dengan mengumpulkan list email calon konsumen. Selanjutnya dengan mengirim berbagai info menarik terkait bisnismu.

Jika tertarik menggunakan email marketing, kamu dapat menggunakan salah satu tools CRM (Customer Relationship Manager) yang mengelola hubungan dan mengatur email yang harus dikirimkan agar mencapai tujuan pemasaran.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) diartikan sebagai taktik agar website dan konten menduduki halaman pertama dalam pencarian Google. Hal ini bertujuan agar bisa menjaring lebih banyak visitor.

SEO ini termasuk jenis pemasaran digital yang sering digunakan karena kemudahan dan efektivitas penggunaan SEO. SEO sendiri terdiri dari 3 bentuk:

  • Technical SEO : mengoptimasi back-end website untuk meningkatkan performa, baik dari kecepatan maupun struktur web.
  • On page SEO: berfokus pada konten website, seperti memposting artikel-artikel SEO-Friendly
  • Off page SEO: mengoptimasi website dari luar dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi dan kredibilitas situs.

Nah, Dewan Konten juga punya layanan ini lho. Kami juga dapat membantu untuk melakukan optimasi web kamu dengan teknik SEO. Tunggu apa lagi, cek penawaran terbaik hari ini!

4. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM)  merupakan upaya untuk mengiklankan website di halaman pencarian. Iklan yang menggunakan SEM, saat ditampilkan di halaman pencarian akan diberi label tulisan ‘Iklan/Ads/Sponsored”.

Kelebihan strategi SEM ini adalah kamu bisa langsung melihat hasilnya. Sedangkan kekurangan dari SEM adalah trafik pengunjung dapat berhenti langsung saat kamu menghentikan iklan.

5. Video Marketing

Format video marketing dapat berupa video demo, tutorial, event, product update, atau interview. Sedangkan platform yang sering digunakan adalah YouTube, website, TikTok, dll.

6. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan promosi melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dll. Setiap media sosial memiliki karakter sehingga kamu perlu mempelajari kekuatan dan kelemahan tiap media sosial.

7. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click (PPC) merupakan strategi pemasaran digital dimana kamu hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik atau yang mendapatkan respon dari calon konsumen. Penggunaan PPC ini disesuaikan dengan anggaran kamu.

8. Native Advertising

Native advertising adalah konten berbayar yang ditampilkan di platform tertentu. Format konten ini akan mirip dengan postingan biasa di platform yang dipilih sehingga mudah menarik visitor untuk berkunjung ke kontennya.

9. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi dimana perusahaan bermitra dengan pihak lain menggunakan sistem komisi yang disepakati oleh kedua belah pihak. Mitra afiliasi ini akan mendapatkan bayaran jika berhasil menjual produk/jasa perusahaan.

10. Customer Service Automation

Customer Service Automation merupakan sistem layanan pelanggan dengan mengeliminasi proses manual dalam mencapai sesuatu. Contohnya adalah chatbot yang disediakan website perusahaan, pengiriman otomatis invoice pembayaran, dll.

Jasa Pemasaran Digital

Kamu mungkin mengalami kebingungan dan merasa kesulitan dalam mengatur strategi dan channel pemasaran digital yang beragam. Maka kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pemasaran digital.

Saat memilih jasa pemasaran digital ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ya.

  1. Apakah strategi disusun sejalan dengan tren pasar dan perkembangan masyarakat?
  2. Apakah jasa tersebut bisa menemukan peluang serta ancaman bisnismu?
  3. Apakah strategi yang dibuat tepat sasaran?
  4. Apakah analisis data bisnis dan pasar telah dilakukan dengan benar dan teliti?
  5. Apakah jasa tersebut memberikan pendampingan terhadap bisnismu?

Beberapa pertanyaan di atas akan membuat kamu lebih dapat mempertimbangkan berbagai tawaran jasa pemasaran digital yang datang kepadamu sendiri maupun yang mencari sendiri.

Jenis Digital Marketing - Jasa Penulis Artikel SEO

Penutup

Itulah pembahasan tentang pemasaran digital. Jika kamu tertarik dengan jasa pemasaran digital, silahkan pilihlah yang harganya murah namun kualitas tidak murahan. Yuk cari tahu layanan terbaik Dewan Konten untuk tingkatkan bisnismu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *